Festival Budaya Isen Mulang
 
Senin, 22 Mei 2017
 

 
 

Festival Budaya Isen Mulang

Karnaval Budaya Meriahkan FBIM Di Kota Sampit

 
 
Waki Gubernur Kalteng Said Ismail dan Bupati Kotim Supian Hadi pada Pembukaan FBIM sekaligus karnaval budaya, di Taman Kota Sampit.

Waki Gubernur Kalteng Said Ismail dan Bupati Kotim Supian Hadi pada Pembukaan FBIM sekaligus karnaval budaya, di Taman Kota Sampit.

Borneonews / Noor Annisa

BORNEONEWS, Sampit - Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dalam rangka HUT Kalteng ke-60 telah dimulai, acara pembukaan dilakukan oleh Wakil Gubernur Kalteng, Habib Said Ismail dan dimeriahkan dengan performance putra dan putri pariwisata dengan tarian selamat datang. Dilanjutkan dengan karnaval budaya.

Pemerintah Provinsi memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Kotim selaku tuan rumah yang ikut mensukseskan acara FBIM. "Kabupaten Kotawaringin berperan penting daalam keikutsertaan mempromosikan kepariwisataan dan melestarikan kebudayaan yang ada di Kalteng," ucapnya, Jumat (19/5/2017).

Dia juga berharap, penyelenggaraan event budaya tersebut dapat menumbuhkan peran pariwisata dan kebudayaan dalam memberikan dan meningkatkan ekonomi usaha masyarakat.

Ketua Panitia FBIM, I Ketut Widhi Wiriawan, mengatakan, seluruh perwakilan kabupaten yang ada di Kalteng turut hadir dalam keikutsertaan berkompetisi di FBIM yang akan berlansung hingga Senin (19/5/2017) mendatang.

Yakni kabupaten Kotawaringin Barat mengikuti 12 cabang lomba, Kotawaringin Timur 19 cabang lomba, Kapuas 15 cabang lomba, Barito Utara 17 cabang lomba, Barito Selatan 17 cabang lomba, Murung Raya 19 cabang lomba, Barito Timur 10 cabang lomba, Pulang Pisau 11 cabang lomba, Gunung Mas 17 cabang lomba, Seruyan 10 cabang lomba, Lamandau 8 cabang lomba, Sukamara 14 cabang lomba, dan Kota Palangkaraya 12 cabang lomba.

Adapun 19 cabang lomba yang akan dikompetisikan yakni lomba karnaval budaya, jukung tradisional, besei kambe, jukung/perahu hias, (maneweng, manetek, menyila kayu), panginan tradisional, mangaruhi, lawang sakepeng, tari daerah, balugu, fotografi, tari daerah, lagu daerah, malamang, mangenta, sepak sawut, habayang, manyipet, pemilihan putra putri pariwisata, karungut, dan 1 eksebisi panginan sukup simpan.

Dengan jumlah peserta sekitar 2600 orang mengikuti karnaval budaya. Sebagian merupakan atlet, yang akan berkompetisi merebut kejuaraan pada 19 cabang lomba yang dilaksanakan pada kegiatan FBIM tersebut. (NOOR ANNISA/B-5)

BERITA POPULER

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top