Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Natuna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah Ada 64 Kasus Demam Berdarah Dengue di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Mei 2017 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelaksana Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari P mengatakan bahwa hingga Mei 2017, jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) telah mencapai 64 kasus. Angka itu terbilang cukup besar untuk ukuran musim kemarau. Dikhawatirkan jumlah kasus terus bertambah di musim pancaroba ini.

"Sepanjang 2017 ini hingga bulan Mei, BDB di Palangka Raya ada 64 kasus. Sedangkan sepanjang 2016 lalu terdapat 318 kasus," ungkap Andjar kepada Borneonews, Jumat (19/5/2017).

Ia mengatakan, perlu kontribusi dari semua pihak untuk mengatasi hal itu. Karena nyamuk aedes aegypt penyebab DBD datang dari lingkungan masyarakat. Sehingga perlu upaya masyarakat untuk membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka.

"Bisa dimulai dari hal-hal sederhana dulu, seperti rajin menguras tempat penampungan air, selalu menutup tempat penampungan air, dan mengubur atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan," tutur Andjar.

Cara pencegahan tersebut menurutnya juga dikenal dengan istilah pemberantasan sarang nyamuk yang dapat dilakukan masyarakat sehari-hari. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru