Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berbagai Kebudayaan dan Seni Ditampilkan Kotim pada Karnaval Budaya Kalteng

  • Oleh Naco
  • 19 Mei 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit ' Berbagai macam kesenian dan kebudayaan ditampilkan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dalam karnaval Budaya Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dipusatkan di Taman Kota Sampit, Jumat (19/5/2017).

Di antaranya, rampak katambung, tari-tarian, musik karungut, ikon jelawat, kostum kupu-kupu dan kalawet, serta motif batik kebanggaan masyarakat Kotim yakni Gayung Birang.

'Dengan penampilan ini semakin menambah indah dan semarak suasana,' kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kotim, Fajrurrahman, Jumat (19/5/2017) pimpinan rombongan Kotim.

Tidak hanya itu, kostum kepala suku dayak juga memberikan imajinasi bagi seorang tokoh adat yang mampu menembus batasan dunia atas dan alam bawah yang mencerminkan kesakralan dalam setiap prosesi adat.

Selain itu kostum anggrek tewu yang menampilkan kesan kebanggaan siapa saja yang melihatnya, karena secara endemik anggrek tewu ditemukan banyak dihutan Kalimantan salah satunya di Kotim.

Apalagi saat ini anggrek tersebut diperjuangkan menjadi motif khas Kotim yang disenangi semua masyarakat nasional maupun internasional. (NACO/B-5)

Berita Terbaru