Jumat, 15 Desember 2017
 

 
 

Bawang Putih

Wali Kota Palangka Raya Miliki Angan-Angan yang Masih Mustahil

 
 
Wali Kota Palangka Raya Riban Satia bersama sejumlah pelaku UMKM.

Wali Kota Palangka Raya Riban Satia bersama sejumlah pelaku UMKM.

Borneonews / Testi Priscilla

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Riban Satia memiliki angan-angan yang terbilang mustahil dicapai dalam waktu dekat. Ia bermimpi bisa mengembangkan budidaya bawang putih di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini.

Mimpi Wali Kota itu muncul setelah beberapa waktu terakhir bawang putih tercatat menjadi penyumbang inflasi karena harganya yang merangkak naik.

"Iya, bawang putih ini kelihatannya sedang mahal. Kalau bawang merah kita sudah budidayakan walaupun petani hanya membudidaya untuk pembibitan bukan pemenuhan kebutuhan. Nah bawang putih ini paling tidak kita lakukan kerjasama dengan Pusat Teknologi Produksi Pertanian (PTPP) dulu untuk melaksanakan pengkajian dan penerapan di bidang teknologi produksi," kata Wali Kota, Rabu (17/5/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah Sutrisno kepada Borneonews, Jumat (19/5/2017), mengatakan bahwa budidaya bawang putih hampir mustahil dilakukan di Palangka Raya.

"Bawang putih ini perlu kondisi khusus yaitu di dataran tinggi. Sedangkan Kalteng umumnya dataran rendah sehingga dari sisi agro klimate tidak memenuhi syarat," ungkapnya.

Meski demikian, Sutrisno tidak pesimistis. Menurutnya, budidaya bawang putih mungkin saja dilakukan karena sebelumnya sudah ada beberapa komoditas yang dulu juga dianggap tidak mungkin, ternyata berhasil dikembangkan.

"Dulu memang ada beberapa komoditas yang tidak cocok dengan kondisi Kalteng. Tapi setelah dilakukan penelitian ada beberapa varietas yang berhasil dikembangkan, seperti kubis, kentang, dan wortel. Tapi kalau untuk bawang putih kita belum temukan varietas yang cocok," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

BERITA POPULER

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top