Kamis, 19 Oktober 2017
 

 
 

Festival Budaya Isen Mulang

Angkat Adat dan Budaya Seni Sukamara

 
 
Penampilan peserta Karnaval Budaya Isen Mulang, Kalteng.

Penampilan peserta Karnaval Budaya Isen Mulang, Kalteng.

Borneonews / Naco

BORNEONEWS, Sampit – Sukamara mengangkat tema adat dan budaya seni. Kabupaten yang dijuluki sebagai kota permata ini membawa rombongannya sebanyak 60 orang, di mana penanggung jawab rombongan H Karyono.

Dalam karnaval Budaya Isen Mulang, Kalteng, Jumat (19/5/2017) yang dipusatkan di Taman Kota Sampit, properti yang digunakan Sukamara adalah perahu yang biasa digunakan oleh masyarakat pesisir Sukamara.

“Perahu menjadi sarana atau kendaraan untuk transportasi serta sebagai sarana perdagangan masyarakat Sukamara,” kata Wilson, membacakan penampilan dari Sukamara.

Dalam perahu itu ada burung Tingang yang melambangkan kemakmuran dan kedinamisan serta tekat rakyat Kalimantan Tengah untuk ikut serta secara aktif dalam pemeliharaan dan pelestarian lingkungan.

Terdapat pula lumbung padi yang senantiasai menggambarkan kesediaan pangan yang cukup bagi masyarakat di sana, sementara batu Kecubung melambangkan kekayaan sumber daya alam, ditiang layar perahu berbentuk tugu Sukamara yang merupakan ikon daerah tersebut.

Di atas perahu ada dua orang yang dinamakan Ujang dan Aluh Sukamara atau duta pariwisata Sukamara, di mana mereka inilah yang mempromosikan pariwisata di Sukamara.

Sementara, di belakang perahui diiringi dengan tarian yang mencerminkan tentang adat istiadat budaya seni untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan anatar sesama.

Bahkan Sukamara juga memiliki pantai-pantai yang dinamakan pantai Tanjung Nipah, Anugrah dan pantai-pantai lainnya. (NACO/B-5)

BERITA POPULER

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top