Selasa, 22 Agustus 2017
 

 
 

Festival Budaya Isen Mulang

Ada Naga Bangkanai dan Gas Alam Karendam di Pawai Budaya Isen Mulang

 
 
Kapal hias berbentuk naga yang ditampilkan oleh Kabupaten Barito Utara pada Pawai Budaya Isen Mulang

Kapal hias berbentuk naga yang ditampilkan oleh Kabupaten Barito Utara pada Pawai Budaya Isen Mulang

Borneonews / Naco

BORNEONEWS, Sampit - Barito Utara salah satu Kabupaten tertua di Kalimantan Tengah dalam pawai budaya Isen Mulang, yang dipusatkan di Taman Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur Jumat (19/5/2017) menampilkan Naga Bangkanai dan Gas Alam Karendam.

H Arbaidi, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga mengatakan, gerobak hias Barito Utara menampilkan Naga Bangkanai dan Gas Alam Karendam, ini dihubungkan dengan cerita rakyat setempat.

Naga Bangkanai, menurut mitos, adalah Sang Naga penjaga wilayah hutan Bangkanai di Desa Karendam. Kehadiran naga ini dipadukan dengan parade kostum etnik serta japen hatue bawi dari sanggar Balanga Karuhei Tatau memukau penampilan Barito Utara.

"Barito Utara baru saja mendapatkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Jokowi yang diterima oleh Bapak Bupati H Nadalsyah," kata Arbaidi.

Ini salah satu bukti pembangunan yang membanggakan bagi Barito Utara yakni memiliki sumber gas alam terbesar di Desa Karendam, Kecamatan Lahei, yang sekarang menjadi pembangkit listrik tenaga gas terbesar di Kalselteng.

Barito Utara punya visi siap kalah dalam sportifitas dan siap menang dalam kesederhanaan. Kontingen Barito Utara tampil dengan penuh semangat, apalagi saat itu hadir langsung Bupati mereka Nadalsyah.(NACO/m)

BERITA POPULER

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top