Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Adat Perkawinan Selalu Dipertahankan di Kotawaringin Barat

  • Oleh Naco
  • 20 Mei 2017 - 06:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Budaya yang selaras sebagai pilar menuju Kalimantan Tengah yang berkah menjadi salah satu tema yang diangkat oleh Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang memiliki kekayaan budaya, salah satu yang dipertahankan sampai saat ini budaya adat perkawinan.

Pimpinan rombongan Aida Lailawati dalam Pawai Budaya Isen Mulang, di Taman Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Jumat (19/5/2017) menyebutkan Kobar memiliki kekayaan budaya yang beragam."Mulai dari budaya dayak, melayu pesisir dan kesultanan kutaringin," katanya.

Bahkan salah satu budaya yang dipertahankan sampai sekarang adalah adat perkawinan. Adat itu ditampilkan dengan iring-iringan acara perkawinan khas Kobar.

Dua orang pengantin mengenakan busana adat Teluk Balanga berwarna merah yang menaiki pelaminan pengantin dengan motif burung Tingang dan diiringi tabuhan rebana melambangkan perpaduan budaya yang selaras.

Tampilan Kutamara yakni salah satu kesenian pencak silat yang ditampilkan sebelum mempelai laki-laki masuk ke rumah mempelai wanita merupakan simbol sucinya perkawinan, kembang serai yang dibawa peserta merupakan simbol kemeriahan acara.

Dengan berbagai macam tradisi dan kebudayaan itu diharapkan selalu selaras, berdampingan dan saling menghargai, karena itu merupakan salah satu pilar pembangunan di Kalteng. (NACO/m)

Berita Terbaru