Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Barat Juara Balogo Kategori Putera, untuk Puteri Diraih Barito Utara

  • Oleh Naco
  • 20 Mei 2017 - 17:14 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Lomba Balogo yang digelar sejak pukul 08.00 wib Sabtu (20/5/2017) pada Festival Budaya Isen Mulan (FBIM) Kalimanten Tengah, akhirnya selesai. Juara pertama kategori putera diraih atlet dari Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Sementara kategori puteri juara pertama diraih Barito Utara (Barut).

"Untuk lomba balogo selesai. Juara pertama Putra diraih Kobar, juara kedua Pulang Pisau dan juara ketiga diraih Sukamara," kata panitia saat mengumumkan hasilnya.

Sementara untuk kategori Balogo putri juara pertama diraih oleh Barito Utara, kedua Seruyan dan ketiga diraih Sukamara.

Kegiatan itu sendiri dilaksanakan di Taman Kota Sampit, mengambil jalur Yos Sudarso. tuntasnya lomba tersebut, menambah daftar lomba yang sudah selesai dilaksanakan.

Di antaranya lomba Balogo, Manyipet, Malamang, Maneweng, Manetek dan Manyila Kayu. Sementara lomba-lomba lain yang digelar pada Sabtu seperti lagu daerah dan sepak sawut masih berlangsung.

Balogo merupakan salah satu permainan tradisional masyarakat suku Dayak, yang dilakukan secara turun temurun hingga sekarang. Logo sendiri terbuat dari tempurung kelapa sementara untuk memainkannya menggunakan sempat yang terbuat dari bambu.

"Selesai lomba tropi dan piagam langsung dibagikan panitia dan dewan juri," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotim, Fajrurrahman. (NACO/B-11)

Berita Terbaru