Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lomba Besei Kambe di Sungai Mentaya Meriah

  • Oleh Noor Annisa
  • 21 Mei 2017 - 15:01 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Lomba besei kambe di Sungai Mentaya berlangsung meriah, Minggu (21/5/2017). Hal ini ditandai dari semarak dan antusiasnya ribuan penonton yang menyaksikan acara tersebut.

Mengayuh perahu secara berlawanan ini merupakan permainan khas masyarakat suku Dayak yang unik dan menarik, yang dikompetisikan pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) di Sampit, Kotawaringin Timur (Kotim).

Mengayuh perahu memang hal biasa. Tapi dalam permainan besei kambe dilakukan secara unik, yakni mengayuh dengan saling berlawanan oleh dua orang pada masing-masing ujung perahu.

"Permainan besei kambe berbeda dengan permainan lainnya, cara mainnya unik dan hanya ada di Kalimantan saja," kata koordinator lapangan lomba besei kambe, Lodewiek, Minggu (21/5/2017).

Untuk itu, menurutnya, permainan seperti besei kambe sangat perlu untuk dilestarikan sebagai bentuk kebudayaan lokal dan warisan masyarakat suku Dayak.

"Saya berharap permainan besei kambe akan terus diadakan dalam bebagai event khususnya seni budaya lokal, kalau perlu tidak hanya setahun sekali, agar permainan ini terjaga tidak pudar sampai kapanpun," ujarnya.

Peserta merupakan perwakilan dari sembilan, kabupaten di Kalimantan Tengah, yakni Kotim, Kapuas, Barito Selatan, Barito Utara, Seruyan, Katingan, Kotawaringin Barat, Murung Raya dan Sukamara. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru