Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga RT 13 Kelurahan Baru Kesulitan Air Bersih

  • Oleh Cecep Herdi
  • 22 Mei 2017 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 40 jiwa dari 13 kepala keluarga (kk) di RT 33 Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), kekurangan air bersih.

Selama ini, mereka mengandalkan air dari sumur tua yang berada satu kilometer dari perkampungan. Begitupun untuk Mandi Cuci Kakus (MCK), setiap harinya mereka pergi ke subgai kecil dekat kubangan bekas galian alat berat yang kini menjadi sumber air.

"Kami tiap hari jalan kaki ambil air ke sumur, tidak ada lagi sumber air yang dekat," ujar Itup (80), Senin (22/5/2017).

Ia mengatakan, warga bukan tidak bisa membuat sumur di dekat rumah. Namun tidak ada aliran listrik menunjang pompa mesin untuk mengalirkan air. "Listriknya tidak ada, kami dari dulu seperti ini berharap ada listrik tapi belum ada jua," katanya.

Setiap harinya, warga setempat mengandalkan sumber mata air yang ada. Mereka mengambil belasan liter setiap harinya menghunakan jeriken dan ember dengan berjalan kaki.

"Harapan saya yang sudah tua ini, pemerintah perhatian dan melihat kondisi kami di sini. Kami belum merasakan ada air bersih yang gampang kami dapatkan di belakang rumah. Kami harus mengambil berkilo-kilo meter ke sungai sana," katanya.

Padahal, letak dusn ini hanya 15 menit saja dari jantung kota Pangkalan Bun. Namun kondisinya sangat menghawatirkan. Masyarakatnya hidup sederhana, jalan menuju perkampungan sulit dilalui. Tak ada listrik dan air yang bisa dirasakan seperti masyarakat kota lainnya. (CECEP HERDI/B-5)

Berita Terbaru