Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jukung Hias Berparade di Sungai Mentaya

  • Oleh Noor Annisa
  • 22 Mei 2017 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jukung hias berparade di Sungai Mentaya, Sampit, Senin (22/5/2017), merupakan hari terakhir serangkaian perlombaan seni dan budaya pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang digelar di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Lomba yang dilaksanakan masih seputar budaya warga Dayak, yakni lawang sakepeng, mangaruhi, jukung atau perahu hias yang berlangsung di Sungai Mentaya. Dan keesokan harinya, tepat tanggal 23 Mei 2017, warga Kalimantan Tengah akan merayakan hari jadi ke-60.

Jukung atau perahu yang dihiasi dengan berbagai kreasi, menampilkan ciri khas budaya ataupun ikon dari masing-masing kabupaten sebagai peserta. Berparade di depan dewan juri menuju arah selatan Sungai Mentaya, diwarnai dengan penumpang di dalamnya, menari dan diiringi musik.

Para penonton kelihatan begitu antusias menyaksikan jukung hias yang berlalu-lalang di Sungai Mentaya.

Salah satu warga Kota Sampit, Ida mengaku sudah pernah melihat jukung hias sebelumnya, namun tetap bersemangat untuk menonton." Sudah pernah nonton, tapi kan jarang-jarang," ujarnya, Senin, (22/3/207).

Sebanyak 10 kabupaten bersaing sebagai peserta pada lomba jukung hias. Di antaranya Kotim, Murung Raya, Katingan, dan Barito Selatan. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru