Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur: Kepala Dinas Tidak Bisa Diajak Kerjasama, PLt-kan !

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 22 Mei 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran meminta dua pasang bupati dan wakil bupati yang baru dilantik untuk tidak takut melakukan mosi kepala dinas (Kadis) dan menunjuk pelaksana tugas (Plt), jika mereka tidak mau kerja, tidak bisa menunjukkan dedikasinya apalagi enggan diajak kerjasama.

Tidak salah Sugianto menekankan hal ini, sebab seringkali pejabat birokrasi masih terkooptasi pada dukung-mendukung kepada kubu yang bertarung di Pilkada. Sehingga berimbas pada kinerja pasca sosok yang didukungnya yang ternyata kalah dalam Pilkada.

'Segera inventarisasikan permasalahan di kabupaten, termasuk lingkup pemerintahan. Kalau ada pejabat tidak mau bekerja sama dengan bupati dan wakil bupati, Plt-kan saja, jangan takut,' tegas Gubernur saat berpidato seusai pengucapan janji dan sumpah jabatan bupati dan wakil Bupati di Istana Isen Mulang, Senin (22/5/2017).

Sugianto tegas mengatakan sebagai sorang pejabat, seorang kepala dinas atau badan harus bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), tidak boleh berkinerja lamban hanya karena partisan.

Bupati sebagai pembina kepegawaian memiliki hak untuk melakukan teguran dan peringatan hingga pencopotan jabatan. Sugianto tidak ingin visi misi kepala daerah terganggu dengan ulah kepala dinas/badan yang berkinerja lamban.

'Saya tidak ingin program dan visi misi bupati-wakil bupati tidak berjalan karena kepala dinas yang menanggap bupati atau wakilnya seperti anak baru kemarin. Karena itu bupati jangan berpikiran takut. Sebaliknya kalau mereka bekerja baik, hargai dan pertahankan mereka,' tandasnya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru