Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malaka Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peternak Lokal Harus Mampu Kembangkan Sapi di Kotim

  • Oleh Naco
  • 22 Mei 2017 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kotim, Abdul Kadir mendorong peternak sapi lokal untuk menggenjot produksi. Sehingga bisa mengurangi bahkan menghentikan ketergantungan pasokan sapi dari luar daerah.

Kadir mengatakan, pemenuhan kebutuhan daging sapi harus menjadi prioritas, terutama pemkab harus mendorong peningkatan produksi peternakan lokal.

"Kotim harus mampu memenuhi kebutuhan daging sapi dari daerah sendiri," kata Kadir, Senin (22/5/2017).

Dia menambahkan, potensi peternakan sapi di daerah ini sangat besar. "Berbagai bantuan digulirkan mulai dari modal, bibit sapi, penggemukan hingga inseminasi buatan atau kawin suntik," kata Kadir.

Kebutuhan daging sapi di Kotim perhari berkisar 8 - 9 ekor atau 250 - 300 kilogram per bulan. Sedangkan pada hari besar keagamaan, kebutuhan meningkat menjadi 12-15 ekor. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut saat ini Kotim harus mendatangkan dari daerah lain seperti Sulawesi, Madura dan Bali.

"Selain dukungan pemerintah, dukungan dari perusahaan juga sangat penting. Mengingat ketersediaan pakan di sana sangat melimpah," pungkas Kadir. (NACO/B-11)

Berita Terbaru