Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelepasliaran Diharapkan Tingkatkan Kesadaran Konservasi Orangutan

  • Oleh Roni Sahala
  • 22 Mei 2017 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) kembali melepasliarkan 6 orangutan ke habitatnya. Upaya ini diharapkan berdampak pada peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya konservasi.

"Kami berharap pelepasliaran ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan status konservasi orangutan sebagai simbol Provinsi Kalimantan Tengah," kata Koordinator Komunikasi dan Edukasi Yayasan BOS Nyaru Menteng Monterado 'Agung' Fridman, Senin (22/5/2017).

Atas dasar itulah, Yayasan BOS mengambil momen pelepasliaran bertepatan dengan hari ulang tahun Provinsi Kalimantan Tengah. Karena populasi terbesar orangutan ada di Bumi Isen Mulang ini.

Seperti diberitakan, Yayasan BOS bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng kembali melepasliarkan enam orangutan dari Pusat Reintroduksi Orangutan Kalimantan Tengah di Nyaru Menteng ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), Kabupaten Katingan.

Pelepasliaran orangutan dari Nyaru Menteng ini sudah untuk yang ke-17 kalinya sejak 2012. Tahun ini Yayasan BOS menargetkan mampu mengembalikan sekitar 200 orangutan ke alam liar.(RONI SAHALA/B-3)

Berita Terbaru