Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kewajiban Petugas Register Kependudukan di Seruyan

  • Oleh Parnen
  • 23 Mei 2017 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Seruyan Mansyur Ibrahim menyebutkan, sejumlah kewajiban penting yang harus dilaksanakan petugas register kependudukan di antaranya, mencatat peristiwa kependudukan.

Selain itu, mencatat peristiwa penting yang didapati di desa atau kelurahan, memberikan pelayanan yang sama dan profesional kepada setiap penduduk atas laporan peristiwa kependudukan dan mendokumentasikan hasil pencatatan kependudukan dan pencatatan sipil.

Hal tersebut dikatakan Mansyur saat membuka pelatihan petugas register kependudukan desa dan kelurahan, di aula Hotel Junjung Buih Kuala Pembuang, Selasa (23/5/2017).

"Saya juga menekankan soal kewajiban lain, yakni menjamin kerahasiaan dan keamanan data atas peristiwa kependudukan dan peristiwa penting lainnya yang berkenaan masih tetap berkenaan dengan kependudukan.Terakhir, melakukan verifikasi dan validasi data yang disampaikan oleh penduduk diwilayah baik desa ataupun kelurahan," kata Mansyur menguraikan.

Mansyur menambahan, terkait sosok karakter yang diharapkan dari petugas register kependudukan bersifat intrapersonal dan interpersonal.

"Intrapersonal itu berkaitan dengan olah pikir yang dicirikan dari sifat visioner, cerdas, kreatif dan terbuka. Disamping itu, petugas yang bersangkutan, harus memiliki sifat jujur, ikhlas dan adil," terangnya.

Sementara untuk sifat interpersonal petugas register kependudukan, jelas dia, berkaitan dengan aspek yang dicirikan dengan kepemilikan sifat gigih, kerja keras, disiplin, bersih dan bertanggung jawab.

"Saya sampaikan di pelatihan ini, diperlukan upaya strategis dan sistematis dalam meningkatkan kualitas manusia melalui pelatihan. Hendaknya nilai-nilai pendidikan karakter ini mampu dilaksanakan secara komprehenshif," ungkapnya. (PARNEN/B-5)

Berita Terbaru