Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada, Proyek Puluhan Miliar Ini Rawan Kecelakaan

  • Oleh Cecep Herdi
  • 23 Mei 2017 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Proyek preservasi rekonstruksi jalan Bumi Harjo Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sepanjang 1,4 kilometer menuju pelabuhan rawan kecelakaan. Menurut Kepala Desa Bumi Harjo, Jatmiko, proyek senilai Rp23 miliar lebih dari APBN itu sudah mengakibatkan lima truk terguling.

"Banyak truk yang terguling karena permukaan jalan menurun, kemudian siring yang sudah dibangun kontraktor tidak mampu menahan beban dan amblas," kata Jatmiko, Selasa (23/5/2017).

Ia menyebut, ada yang keliru dalam pembangunan jalan tersebut. Di lapangan ia melihat siring atau parit di pinggir jalan sudah dibangun dahulu. Sementara ketinggiannya tidak sesuai dengan badan jalan yang dibangun setinggi 60 centimeter

"Selain rawan, ini nantinya akan membingungkan dan menyulitkan warga yang rumahnya di pinggir jalan. Kenapa karena permukaan badan jalan nanti tidak akan rata dengan ketinggian parit. Malah seperti punggung kuda," kata dia.

Padahal masyarakat menginginkan akses jalan lancar dan tidak  mengganggu aktivitas sehari-hari. "Sudah dua bulan setengah pengerjaannya. Tapi dari pihak rekanan nampaknya mengabaikan kepentingan masyarakat. Seperti tidak disediakan jalur khusus untuk warga yang melintas," ujar dia.

Pantauan di proyek peningkatan jalan, lalu lintas direkayasa dengan menyatukan arus kendaraan di sebagian badan jalan yang belum dibangun. Hal itu nampak rawan apalagi banyak kendaraan bertonase besar yang melintas di sana. Banyak kendaraan roda empat yang mepet hingga ke parit jalan. Hingga menyebabkan rawan terjadi kecelakaan. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru