Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PU Sukamara Gelar Rapat Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum

  • Oleh Norhasanah
  • 23 Mei 2017 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sukamara menggelar rapat dalam pengadaan tanah untuk kepentingan umum.

Kegiatan dilaksanakan di aula kantor bupati dipimpin langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Sukamara, Chairuddin.

"Dalam proses pengadaan tanah, untuk tahap perencanaan setiap instansi yang memerlukan tanah agar menyusun dokumen pengadaan." kata Chairuddin usai rapat, Selasa (23/5/2017).

Lanjutnya, dalam dokumen perencanaan tersebut istansi yang mengajukan harus memuat maksut dan tujuan, kesesuaian dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan prioritas pembangunan, letak tanah, luas tanah yang dibutuhkan, gambaran umum status tanah dan perkiraan waktu pelaksanaan oengadaan tanah.

"Selain itu, dokumen itu juga harus memuat perkiraan jangka waktu pelaksanaan pembangunan, perkiraan nilai tanah dan rencana penanggaran." terang Chairuddin.

Dalan penyusunan, dokumen perencanaan harus disusun berdasarkan studi kelayakan yang mencakup survei sosial ekonomi, kelayakan lokasi, analisa biaya dan manfaat bangunan bagi wilayah dan masyarakat, dampak lingjungan dan dampak sosial yang timbul serta studi lain yang perlu.

"Dalam dokumen perencanaan tanah tersebut harsu ditetapkan oleh pimpinan istansi atau pejabat yang ditunjuk, setelah itu dokumen baru diserahkan kepada gubernur," tuturnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru