Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Bumi Harjo Layak Dimekarkan jadi Dua Desa

  • Oleh Cecep Herdi
  • 23 Mei 2017 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Desa Bumi Harjo Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tahun ini tengah memproses pemekaran menjadi dua desa. Kepala desa setempat, Jatmiko mengatakan, Luas wilayah desa seluruhnya sekitar 1.943,5 hektare dengan jumlah penduduk 4.556 ribu jiwa yang tergabung dalam 2.410 kepala keluarga (kk).

"Sudah saatnya desa dimekarkan menjadi dua desa, karena desa Bumi Harjo saat ini memiliki 10 RT. Itu sudah memenuhi proses pemekaran," katanya, Selasa (23/5/2017).

Hingga saat ini ujar dia, upaya pemekaran terus digencarkan dengan cara sosialisasi ke masyarakat. "Nanti rencananya nama desa yang baru dari hasil pemekaran bernama Bangun Harjo," katanya.

Ia menambahkan, dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kobar terus mengalir. Salahsatunya Pemda sudah menyarankan pemekaran dari beberapa tahun lalu. "Tahun ini mulai progresnya. Realisasinya sekitar 3 tahun ke depan," ujarnya.

Ia menjelaskan juga, secara administrasi sudah siap karena Pemkab memberikan bentuk proposal pemekaran desa untuk contoh pemekaran. (CECEP HERDI/B-8)

Berita Terbaru