Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Disperindag Kota Palangka Raya Sebut Harga Masih Stabil

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Mei 2017 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya Aratuni D Djaban, menuturkan bahwa harga berbagai komoditas masih relatif stabil meski tiga hari lagi memasuki bulan puasa.

Namun, ia tidak menampik ada beberapa komoditas yang mulai mengalami kenaikan harga. Hanya masih di dalam batas kewajaran. "Kenaikan itu biasa saja sepanjang masih wajar, terlebih berlaku secara umum dengan asumsi terjadi dari daerah hulu ke hilir," tutur Aratuni, Selasa (23/5/2017).

Tetapi akan menjadi berbeda jika kenaikan harga sebabkan kenakalan oknum dengan menimbun persediaan, sehingga stok di pasaran menghilang. Hal itu kemudian mengakibatkan kenaikan harga karena permintaan yang meningkat, namun barang kosong.

"Ini yang tidak wajar. Kalau ini yang terjadi maka tentu akan mendapat tindakan serius dari Tim Satgas Mafia Pangan Kota Palangka Raya. Tapi kan tidak. Harga naik hanya karena para pedagang ingin sedikit memanfaatkan momen. Dan kenaikannya juga tidak besar," tambah Aratuni.

Meski kenaikan harga dalam tahap wajar, bukan berarti Disperindag akan berdiam diri. Aratuni menegaskan, Senin (23/5/2017) kemarin, pihaknya bersama Tim Satgas Mafia Pangan telah menyidak pasar dan gudang penyimpanan barang di Kota Palangka Raya. "Tentu saja ada upaya kita. Setidaknya satu minggu sebelum Ramadan kita juga akan ketatkan pemantauan harga di pasar," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru