Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Katingan Sosialisasikan Desa Tangguh

  • Oleh Abdul Gofur
  • 24 Mei 2017 - 07:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan menjelang musim kemarau tahun 2017 ini pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan menggelar sosialisasi desa tangguh. Selasa (23/5/2017) malam sosialisasi desa tangguh itu dilaksanakan di Desa Jahanjang Kecamatan Kamipang.

Dalam acara yang belangsung di halaman Kantor Desa Jahanjang itu, ratusan masyarakat desa ini tampak antusias menghadiri acara sosialisasi. Pasalnya, disela sambuan-sambutan baik dari pihak BPBD Katingan, Camat Kamipang, Kepala Desa Jahanjang, dan Yayasan WWF, itu diselingi hiburan dangdutan oleh artis asal Kasongan, Ira dan Artika serta artis Desa Jahanjang.

Menurut Kepala BPBD Katingan, Icing, jika sosialisasi digelar di ruangan atau gedung, maka dikhawatirkan warga yang datang sedikit.

Namun jika sosialisasi pembentukan desa tangguh itu dilaksanakan di lapangan terbuka dengan ada hiburan organ tunggal, maka warga akan banyak yang datang.

"Makanya pihak-pihak yang memberikan sambutan pada acara sosialisasi pembentukan desa tangguh ini wajib menyumbanhkan satu lagu disamping tembang-tembang yang dibawakan artis dari Kasongan dan Desa Jahanjang ini," kata Icing.

Menurut Icing di Katingan direncanakan bakal diusulkan ada dua desa yang bakal dibentuk sebagai desa tangguh itu.

Selain di Desa Jahanjang, juga ada Desa Luwuk Kanan.

"Nanti yang berhak menetapkan desa tangguh ini adalah pemerintah pusat, dan mudah-mudahan pencanangan desa tangguh ini nantinya bisa dilakukan oleh Pa Bupati Ahmad Yantenglie apakah di Desa Jahanjang atau Luwuk Kanan," ujar Icing.

Dalam kesempatan ini Icing juga mengimbau kepada masyarakat Katingan khususnya Desa Jahanjang agar ikut bersama-sama menjaga hutan dan lahan dari ancaman kebakaran dimusim kemarau tahun ini.(ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru