Aplikasi Pemetaan Suara & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BLH Periksa Kadar Kandungan Bakteri Sungai Seruyan

  • Oleh Parnen
  • 24 Mei 2017 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Guna mengantisipasi munculnya pencemaran akibat kandungan bakteri di air sungai Seruyan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) setempat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) memeriksa kondisi air sungai ini.

Terlebih, selama ini sungai Seruyan dijadikan oleh sebagian warga yang tinggal di bantaran sungai untuk aktivitas MCK (mandi, cuci dan kakus).

"Bersama Dinkes kita lakukan kegiatan itu,  guna memastikan apakah aliran air disekitar bantaran sungai itu ada muncul indikasi pencemaran bakterinya atau tidak," kata Kepala BLH Seruyan, Budi Purwanto kepada Borneonews, Rabu (3/5/2017).

Pengukuran dan pemeriksaan untuk mengetahui berapa kadar kandungan bakteri pada sungai tersebut. Ada lima titik utama sekitar pemukiman padat penduduk yang tinggal di bantaran sungai yang diambil sampelnya.

"Dalam kegiatan lapangan itu, kita lakukan pengukuran kebersihan terhadap sampel air sungainya. Adpun beberapa kandungan bakteri yang ingin dicari tahu diantara kandungan bakteri Ecoli, Merkuri dan termasuk sianidanya," ujarnya.

Sampai sejauh ini, keberadaan aliran sungai Seruyan untuk kadar kandungan air didalamnya masih dalam batas ambang normal.

"Saat ini masih berjalan uji lab terkiat hasilnya. Kalau soal waktu kapan hasil uji lab itu keluar, saya belym bisa memastikan. Kegitan lapangan kita ini, utamanya memastikan tidak ada virus kandungan akibat limbah yang dikhawatirkan bisa menggungu stamina dan kesehatan warga yang melakukan aktivitas langsung dengan sungai."  (PARNEN/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru