Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peran Masyarakat Dibutuhkan untuk Atasi Wabah Rabies

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 Mei 2017 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kasus gigitan hewan yang terpapar rabies di Kota Palangka Raya terus meningkat. Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya mencatat ada 30 kasus rabies pada 2015 dan meningkat menjadi 40 kasus di 2016.

Menyikapi hal itu, anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Rusdiansyah meminta masyarakat turut berperan dalam mencegah penyebaran penyakit rabies. Menurutnya, sekeras apapun upaya pemerintah mengatasi rabies, jika tidak dibarengi kerjasama dengan masyarakat, hasilnya tidak akan maksimal.

"Peran masyarakat sangat penting karena petugas di dinas itu kan sedikit, tidak sebanding untuk memantau setiap saat. Masyarakat bisa membantu dengan cara melaporkan kepada petugas jika melihat adanya gejala rabies pada hewan peliharaan maupun hewan liar di lingkungan tempat tinggal mereka," tutur Rusdiansyah, Rabu (24/5/2017).

Politisi PKB itu juga mengimbau masyarakat mencari tahu ciri umum hewan yang terjangkit rabies. "Bisa dideteksi sejak dini. Biasanya keluar air liur secara berlebihan, tidak lagi menuruti perintah pemilik dan menjadi lebih ganas dari biasanya, serta mengigit apa yang ditemui. Jika menemui gejalanya laporkan saja. Masalah itu benar rabies atau tidak kan yang penting masyarakat sudah proaktif," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru