Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gelombang Pertama, Disdik Angkat 1.340 Guru Kontrak

  • 25 Mei 2017 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas mengangkat 1.340 guru kontrak untuk ditempatkan di 17 kecamatan. Pengangkatan pada gelombang pertama ini untuk memenuhi kebutuhan formasi guru PAUD, TK, SD, SMP dan SMA.

"Pengangkatan guru kontrak ini sesuai dengan tema Hari Pendidikan Nasional yakni percepatan pendidikan yang merata dan berkualitas," kata Plt Dinas Pendidikan, Kabupaten Kapuas Ilham Anwar kepada Borneonews, Kamis (25/5/2017).

Ilham menjelaskan pengangkatan guru kontrak ini diprioritaskan untuk putra daerah. Sebab mereka yang akan membangun kampungnya sendiri. Hampir 95% tenaga kontrak berasal dari warga lokal. "Kami akan mengangkat guru kontrak untuk gelombang kedua nanti sebanyak 1.800 orang, yang diutamakan warga setempat. Sehingga, tidak ada lagi alasan untuk (meninggalkan tempat) tidak melakukan aktivitas belajar mengajar," ungkap dia.

Menurut Ilham, gaji guru kontrak akan diambil dari APBD Kabupaten Kapuas. Sesuai dengan kesepakatan dengan DPRD Kapuas, besaran gaji guru kontrak Rp625.000 per bulan. "Besarnya gajinya sejumlah itu, sebab ada pertimbangan jika mau ikut standar UMK (Upah Minimum Kabupaten) akibatnya, jumlah guru honor yang diangkat menjadi sedikit," cetus dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru