Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Bawang Putih Masih Tinggi, Namun Harga Kebutuhan Dapur Lainnya Masih Stabil

  • Oleh Wahyu Krida
  • 27 Mei 2017 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Walaupun dalam beberapa minggu ini harga bawang putih di Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar)  melonjak, namun harga barang kebutuhan dapur lainnya masih stabil.

Bupati Kabupaten Kobar Nurhidayah dalam kegiatan pemantauan harga barang di beberapa pasar yang terdapat di Pangkalan Bun, Sabtu (27/5/2017), menjelaskan hal tersebut setelah menanyai beberapa pedagang di Pasar Indra Sari dan Pasar Tembaga Mas, Kelurahan Baru.

"Rata-rata pedagang saat saya tanyai tentang naiknya harga bawang putih menjelaskan kondisi ini dipicu oleh kosongnya stok komoditi dapur tersebut dari pemasok di  pulau Jawa," jelas Nurhidayah.

Selain itu masih ada beberapa komoditi lainnya yang mengalami kenaikan jelang Ramadan, di antaranya wortel dan telur.

Karena beberapa pekan lalu harga kentang yang semula Rp16 ribu per kg, saat ini naik menjadi Rp 20 ribu. Demikian juga dengan wortel, biasanya bisa dibeli Rp20 Ribu per kg saat ini jadi  Rp25 ribu per kg.

Berdasarkan pantauan di pasaran tersebut juga diperoleh info bahwa beberapa komoditi pokok yang  masih belum mengalami kenaikan harga.

Di antaranya adalah gula pasir. Harganya masih sekitar  Rp13 ribu per kg. Demikian juga daging ayam ras masih sekitar Rp33 ribu kg, bawang merah masih tetap pada harga Rp38 ribu per kg, serta daging sapi yang harganya masih Rp125 ribu per kg. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru