Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BOS Nyaru Menteng Pindahkan Enam Orangutan ke Pulau Salat Pra-pelepasliaran

  • Oleh Budi Yulianto
  • 28 Mei 2017 - 10:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) memindahkan enam orangutan rehabilitasi dari pusat reintroduksi orangutan di Nyaru Menteng ke Pulau Salat, pra-pelepasliaran di Delta Sungai Kahayan, Kabupaten Pulang Pisau.

Dalam rilis yang diterima Borneonews, kegiatan pra-pelepasliaran itu dilakukan berkat kerjasama dengan Balai Koservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng. Juga mendapat dukungan langsung dari Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo dan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS), milik pengusaha Haji Abdul Rasyid AS.

'Pulau Salat memberi kesempatan bagi orangutan rehabilitasi untuk membuktikan kemampuannya hidup mandiri sebelum dilepasliarkan ke habitat asli,' kata CEO Yayasan BOS, Jamartin Sihite, Minggu (28/5/2017).

Dia menuturkan, setiap orangutan di Nyaru Menteng menjalani rehabilitassi secara bertahap. Dimulai dari Nursey Group, lalu naik beberapa tingkatan sekolah hutan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan hidup bertahan di alam liar.

Setelah dinyatakan selesai menjalani sekolah hutan, orangutan akan dipindah ke pulau pra-pelepasliaran, yang memiliki lingkungan menyerupai habitat hutan dengan sumber pakan alami yang cukup. Dalam proses pra-pelepasliaran, orangutan tersebut juga dipantau hingga tiba pada waktunya nanti untuk dilepasliarkan ke habitat aslinya. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru