Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karang Asem Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wisata Alam Lebih Berpotensi Berkembang Ketimbang Buatan Manusia

  • Oleh Uriutu
  • 28 Mei 2017 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Wisata alam lebih berpotensi berkembang ketimbang tempat wisata buatan manusia.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Barito Selatan Raden Sudarto kepada wartawan, Minggu (28/5/2017).

"Di Barsel banyak memiliki wisata alam yang potensial untuk dikembangkan," kata Raden.

Wisata alam tersebut, lanjutnya, seperti Danau Wendu, Liang Lempang, Danau Sadar, kerbau rawa, dan rumah terapung. Ia menyebutkan, wisata alam itu hanya perlu pengembangan serta penyediaan sarana dan prasaarana penunjang. Wisata alam berpotensi berkembang karena mempunyai nilai tersendiri, khususnya suasana alam yang asri.

"Untuk tahun ini kita sudah menyiapkan masterplan penataan dan pengembangan wisata alam," ucap dia.

Artinya, wisata alam yang betul-betul bisa menarik minat pengunjung akan dikembangkan terlebih dahulu. Hanya, katanya, Disporaparbud  terkendala dengan keterbatasan anggaran dan minimnya infrastruktur. Paling menonjol ialah akses jalan yang belum memadai. Tidak hanya itu, anggaran untuk pembangunan sarana penunjang di lokasi wisata juga sangat minim.

"Kita berharap kepada pemkab dan DPRD bisa mengakomodasi dana yang memadai untuk pengembangan objek wisata alam," harap dia.

Paling tidak, lanjut dia, untuk membenahi jalan menuju tempat wisata. Sedangkan sarana dan prasarananya akan dianggarkan secara bertahap. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru