Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Selayar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kasongan Buru Ikan Seluang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Mei 2017 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah warga Kasongan, Kabupaten Katingan, sejak beberapa hari terakhir mulai memburu ikan seluang. Ikan yang merupakan salah satu spesies Rasbora spp itu memang mulai banyak muncul saat kondisi air sungai meningkat atau banjir.

Selain di Sungai Katingan, warga juga mencari ikan seluang di saluran air atau parit yang airnya meluap. Meski belakangan cukup mudah didapat, harga ikan seluang tergolong mahal.

"Kalau ikan seluang ini sekarang kita jual Rp40 ribu per kilogram, tapi dua hari lalu kita jual Rp25 ribu per kilogram. Karena sekarang banjir sudah surut dan agak sulit mencari seluang," kata Ani, penjual ikan di Pasar Hurung Kasongan, Minggu (28/5/2017).

Ani melanjutkan, saat kondisi air sungai kembali normal, ikan seluang biasanya dihargai Rp60 ribu per kilogram. Namun, bila air Sungai Katingan sedang tinggi, harga ikan seluang justru turun. hal itu disebabkan ikan seluang mudah didapat saat kondisi air pasang. "Sebentar lagi akan datang pengepul ikan seluang dari Palangka Raya mengabil di sini," imbuhnya.

Ikan seluang memiliki cita rasa cukup enak dan gurih. Bentuknya tidak terlalu besar, paling besar seperti jari tangan orang dewasa. Selain dijadikan peyek, ikan seluang juga bisa diolah berbagai masakan lainnya. "Mau makan ayam terus tiap hari bosan, makanya buat buka nanti dan sahur kita akan masak seluang," kata Iin, ibu rumah tangga saat membeli ikan seluang di Pasar Hurung Kasongan. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru