Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Keuntungan Konservasi Menurut Pendiri PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk

  • Oleh Roni Sahala
  • 28 Mei 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemilik Citra Borneo Indah (CBI) group, dan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) H Abdul Rasyid AS mengatakan, ada banyak keuntungan konservasi. Salah satunya yakni sumber pendapatan yang berkelanjutan. Pengusaha asal Kalimantan Tengah itu, melepasliarkan orangutan di Pulau Salat, Kabupaten Pulang Pisau, Minggu (28/5/2017).

"Konservasi Pulau Salat, dampaknya sangat luar biasa untuk masyarakat. Salah satunya menjadi tujuan ekowisata," katanya seusai melepas liar satu orangutan di Pulau Salat, Kabupaten Pulang Pisau, Minggu (28/5/2017).

Menurut dia, keberadaan ekowisata bisa menciptakan sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar. Salah satunya dari penyediaan alat transportasi menuju lokasi berbasis budaya lokal.

"Kita bisa melihat Taman Nasional Tanjung Puting, bagaimana ekonomi masyarakat di sana sekarang. Hutannya terjaga, satwanya terjaga, dan masyarakat memiliki penghasilan," tutur Abdul Rasyid.

Salah satu anak perusahaan CBI yakni PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) bekerjasama dengan Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) mengembangkan lahan konservasi yakni di Pulau Salat. Kawasan yang dibeli dengan dana perusahaan itu dijadikan lokasi prapelepasliaran orangutan. (RONI SAHALA/B-3)

Berita Terbaru