Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Kumpulkan Distributor Pangan Bahas Kenaikan Harga

  • Oleh Cecep Herdi
  • 29 Mei 2017 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun ' Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Pemkab Kobar) siang ini akan mengumpulkan seluruh distributor pangan yang biasa menyuplai kebutuhan pasar tradisional. Tidak hanya pihak distributor, sejumlah perwakilan dari para pedagang pasar juga akan diajak berbincang terkait harga sejumlah komoditas bahan pokok naik sepekan jelang Ramadan.

'Siang ini kita akan rapat dengan pihak distributor, kita akan bahas masalah kenaikan harga yang terjadi di seluruh pasar tradisional di Kobar,' ujar Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM, Eko Lusino, Senin (29/5/2017).

Dalam rapat yang sudah diagendakan sejak dua hari lalu itu juga akan membahas tentang ketersediaan bahan pokok selama bulan Radaman dan Idul Fitri. Menurut Eko, jika pasokan menipis dan pengiriman dari luar daerah tersendat atau sedikit akan menjadi pemicu mahalnya harga bahan pokok yang saat ini juga sudah dirasakan masyarakat Kobar. 'Saat ini yang sangat dikeluhkan oleh masyarakat adalah harga bawang putih yang mencapai Rp60 ribu per kilogram dari harga normalnya hanya Rp40 ribu per kilogram,' katanya.

Ia berharap dalam rapat nanti, akan ada solusi baik dari pemkab atau dari pihak distributor untuk menekan harga sejumlah komoditas yang saat ini mengalami kenaikan harga. 'Semoga nanti kita mendapat jalan keluar untuk menyetabilkan lagi harga pasaran,' harapnya.

Ia menambahkan,harga bawang putih yang saat ini mencekik pembeli karena kurangnya pasokan dari Pulau Jawa. Sebab,  permintaan bawang putih di Pulau Jawa sendiri sangat tinggi sehingga mengakibatkan pasokan untuk Kalimantan kosong. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru