Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Simalungun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sapundu Berusia Ratusan Tahun Raib Digasak Pencuri

  • Oleh Untung Wahyudi
  • 29 Mei 2017 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Bangkal - Patung Sapundu di Desa Bangkal, Kecamatan Seruyan Raya, benar-benar tak aman. Cagar budaya yang bernilai tinggi di tangan kolektor itu kembali raib digasak pencuri.

Sangkai (52), ahli waris sapundu yang hilang tersebut, Senin (29/5/2017) mengatakan, sapundu diperkirakan digasak pencuri pada Sabtu malam.

'Sudah sering sapundu hilang di lokasi yang sama. Yang hilang ini diperkirakan berusia ratusan tahun," kata Sangkai.

Dia mengatakan, pencurian sapundu kerap terjadi di Desa Bangkal. Sehingga, diharapkan kepolisian menyelidiki kasus tersebut. Apalagi patung Sapundu merupakan aset budaya yang harus dilindungi dan salah satu daya tarik wisata Desa Bangkal.

'Kami selaku keluarga pemilik sapundu jelas sangat dirugikan. Kejadian ini sudah kami laporkan ke Pospol Bangkal. Semoga polisi bisa mengungkapnya," kata Sangkai.

Menyikapi hal tersebut itu, Damang Kepala Adat Kecamatan Seruyan Raya, Salundik Uhing menyayangkan maraknya pencurian sapundu. Dia pun mengingatkan masyarakat bersama-sama menjaga keamanan Patung Sapundu.

'Kalau ada hal yang mencurigakan, segera laporkan ke polisi. Jika pencurian ini terus terjadi, lambat laut cagar budaya kita akan punah. Yang hilang sudah puluhan," kata dia.

Sejauh ini, dari banyaknya kasus pencurian patung sapundu di Bangkal, tak ada satupun pelakunya yang berhasil ditangkap polisi. (UNTUNG WAHYUDI/PP/B-11)

Berita Terbaru