Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Politisi PKB Sebut Konsep Pertanian Modern Bisa Terwujud Bila Pemko Miliki Peneliti

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Mei 2017 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Sugianor menyebut jika saja pemko memiliki peneliti mandiri yang fokus meneliti di bidang pertanian, konsep pertanian modern yang dicita-citakan wali kota bisa segera terwujud.

Tindakan awal yang perlu dilakukan untuk mencapai konsep pertanian modern, menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, tentu mengacu dari konsep riset, terlebih bila bidang pengembangan pertanian tersebut berorientasi pada teknologi. "Ini memang hanya bisa dilakukan oleh seorang peneliti," ungkap Sugianor kepada Borneonews, Selasa (30/5/2017).

Menurut dia, Kota Palangka Raya masih memiliki lahan yang dapat diperbarui demi pengembangan sektor pertanian. Walaupun banyak asumsi yang menilai tanah gambut sulit untuk sektor pertanian, dengan upaya penelitian terkonsep, asumsi itu bisa diubah.

"Selama ini kita hanya pasrah dengan melihat ketersediaan lahan. Lahan yang dianggap cocok atau tepat barulah dilakukan pembangunan dan pengembangan. Padahal bila dilakukan kajian dengan konsep riset, maka bicaranya akan lain. Bisa saja erat kaitannnya dengan alih teknologi," sebut Sugianor, yang juga menjabat sebagai ketua umum Kontak Tani dan Nelayan Andalan Provinisi Kalimantan Tengah.

Sugianor menyebut, kehadiran peneliti sangatlah diharapkan. Sebab akan banyak hal yang bakal digali demi pengembangan pertanian di suatu wilayah. Peneliti, menurutnya, mampu menemukan inovasi pengolahan pakan sayuran, pemanfaatan limbah, hingga berbagai pemanfaatan lainnya yang berhubungan dengan pertanian.

"Karena itu ada baiknya keinginan untuk membangun sektor pertanian membuat kebutuhan tenaga peneliti tidak diabaikan. Pemko jangan merasa cukup belajar sesaat atau berguru kesuksesan dari daerah lain. Utamakan sumber daya manusia (SDM) dalam menggalinya. Sedangkan hal lain hanya sebagai perbandingan dan masukan saja," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru