Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

10 Desa di Barito Selatan Belum Berlistrik

  • Oleh Uriutu
  • 30 Mei 2017 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Dari 93 desa di Kabupaten Barito Selatan masih ada 10 desa yang belum teraliri listrik.

Kasubag ESDM dan Lingkungan Hidup pada Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam Setda Barsel, Hugo Y Nathanael kepada Borneonews, Selasa (30/5/2017) mengatakan, berdasarkan data saat ini jumlah rumah tangga yang belum teraliri listrik 6.139 dari 32.263 rumah tangga.

Sementara rumah tangga yang teraliri pembangkit listrik non PLN 6.441 sedangkan yang menggunakan PLN 21.883.

Dengan rasio elektrifikasi desa berlistrik 89,25 persen dan rasio elektrifikasi rumah tangga berlistrik 82,19 persen.

Bagi desa yang belum teraliri listrik baik PLN dan non PLN, lanjut dia, pihaknya akan berupaya mengusulkan agar bagaimana desa-desa itu dapat menikmati penerangan listrik negara tersebut seperti desa lainnya.

Karena sejak kewenangan distamben dialihkan ke provinsi, otomatis kewenangan pembangunan tenaga kelistrikan juga dilimpahkan ke provinsi.

'Kita hanya diberikan wewenang oleh Provinsi dalam perencanaan pembangunan. Jadi kitamerencanakan dan mengusulkan provinsi lah yang menentukan apakah dibangun atau tidak,' jelasnya.

Dia membeberkan, berdasarkan informasi pada tahun ini ada dua desa yang dilakukan pemasangan aliran listrik yakni desa Sei Paken dan Desa Tamparak Layung. Jika ini sudah dipasang, lanjut dia, maka hanya 8 desa di barsel yang belum teraliri listrik.

Menurutnya ada beberapa desa yang listriknya dibangun tahun 2007 dan 2008 yang mengalami kerusakan akan diperbaiki. Sehingga tahun ini sudah bisa beroperasi lagi.

Berkenaan dengan energi listrik yang kita punyai sekarang konvensional yakni menggunakan genset. Karena genset banyak alternatif energinya ada yang PLTS ada pula yang menggunakan BBM. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru