Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Semua Narkoba di Kobar dari Luar Daerah

  • 31 Mei 2017 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Mayoritas narkoba yang diedarkan di wilayah Kabupaten Kobar, diduga berasal dari luar daerah Kobar. Hal itu berdasarkan sejumlah kasus yang berhasil diungkap jajaran Polres Kotawaringin Barat (Kobar).

"Mayoritas barang ini dibawa dari luar daerah. Paling besar dari Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel) dan dari Jawa Timur (Jatim)," beber Kasat Resnarkoba Polres Kobar Iptu Kariatmono. Rabu (31/5/2017).

Sampai saat ini, kata Kariatmono, belum pernah ditemukan pabrik narkoba di Kabupaten Kobar. "Di sini (Kabupaten Kobar) hanya dijadikan target peredaran, pemasoknya dari luar," sebutnya.

Modus operandi pengiriman barang haram itu juga beragam, dari Kalbar sering dibawa melalui jalur darat dan udara, dari Kalsel jalur darat dan dari Jawa Timur melalui jalur laut.

Selain menggunakan jasa kurir, ada beberapa pengedar memanfaatkan jasa kargo pesawat dan pengiriman barang. "Beberapa waktu lalu kami berhasil menangkap kurir dari Madura (Jawa Timur) membawa satu ons sabu-sabu melalui rute pelabuhan Surabaya-Kumai," ungkapnya.

Sebelumnya, terang Kasat, pihaknya juga pernah mengungkap kasus peredaran narkoba yang dikirim menggunakan jasa kargo pesawat rute Pontianak-Pangkalan Bun. "Tetapi, jalur darat masih menjadi mode paling banyak digunakan," ucapnya.

Kalau sudah menjadi target, ungkap Kariatmono, jajarannya akan terus melakukan tracking (pemantauan), "Setelah calon tersangka mendapatkan barang, baru kita tangkap. Meski begitu, tidak jarang kami kecolongan. Kuncinya harus sabar," ungkap pria yang sudah puluhan tahun bekerja di Reserse Kriminal Kepolisian itu.

Dari sejumlah kasus yang pernah ditangani, ada beberapa peredaran narkoba yang dikendalikan dari dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Saat itu pihaknya mengamankan tersangka pengedar narkoba, tersangka mengaku memperolehnya dari Lapas di Pontianak (Kalbar).

"Kalau seperti itu, kami akan langsung melakukan koordinasi dengan Lapas bersangkutan," tandasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-2)

Berita Terbaru