Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Sampit Diperkirakan Terjadi pada H-15

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 31 Mei 2017 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Memasuki hari ke lima bulan Ramadan, aktivitas calon penumpang kapal di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) belum mengalami peningkatan signifikan. Hal itu terjadi karena saat ini para pekerja di perusahaan belum dapat jatah libur. Sehingga, peningkatan jumlah penumpang diperkirakan pada H-15 sebelum lebaran.

"Kemungkinan dari H-15 peningkatan penumpang kapal laut akan terjadi," ujar Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit Toto Sukarno, Rabu (31/5/2017).

Sehingga dengan adanya prediksi peningkatan penumpang tersebut, membuat dua perusahaan pelayaran yang ada di Kotim yakni PT Darma Lautan Utama (DLU) dan juga PT Pelni menambah kunjungan kapal.

PT DLU akan ada delapan jadwal keberangkatan (call), empat call tujuan Surabaya, dan empat call tujuan Semarang.

Sedangkan PT Pelni menyiapkan sembilan kunjungan kapal, yakni Surabaya lima call, serta empat call tujuan Semarang.

"Untuk kapal dari DLU bisa memuat penumpang mencapai 850 orang. Sedangkan Pelni berkapasitas 1.600 orang," lanjut Toto.

Dengan kunjungan sebanyak itu, dirinya meyakini bahwa calon pemudik di Pelabuhan Sampit bisa terangkut semua dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Sehingga tidak ada penumpukan di pelabuhan.

Dengan adanya hal itu, maka diharapkan para calon pemudik agar dari sekarang sudah membeli tiket. Sehingga mereka dapat menentukan kapan ingin berangkat. Dan tetap bisa mengisi jadwal yang kosong.

"Kalu dipersiapkan dari sekarang, maka tidak akan tidak kebagian tiket," ucap Toto. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru