Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diimbau Berhati-hati Beli Makanan Menu Berbuka

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 31 Mei 2017 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), diimbau berhati-hati saat membeli menu berbuka. Karena kalau salah pilih bisa saja mengandung zat berbahaya.

"Kalau ingin beli menu berbuka maka kita harus selektif dulu. Karena bisa saja makanan yang dijual ada yang mengandung zat berbahaya," pesan Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Kotim Bambang Supiansyah, Rabu (31/5/2017).

Warga diminta tidak melihat makanan dari warnanya saja. Karena warna yang mencolok tersebut yang kemungkinan besar berbahaya bagi kesehatan yang mengonsumsinya. Hal itu dikarenakan bisa saja campuran makanan tersebut adalah zat pewarna berbahaya.

"Jangan lihat makanan, kue, atau minuman dari warnanya saja. Karena warna mencolok lebih berpotensi dicampur dengan zat berbahaya," lanjut Bambang.

Guna mencegah hal tersebut, pihaknya bersama Labkesda, dan Disdagprin, melakukan pengambilan sampel di sejumlah Pasar Ramadan, baik itu yang berada di Jl Muchran Ali, Taman Kota, dan juga Pasar Sejumput. Dari tempat itu sedikitnya ada 50 sampel yang akan diperiksa di laboratorium.

Walaupun begitu, hingga saat ini pihaknya belum bisa menyampaikan hasilnya apakah ada makanan yang mengandung boraks, pormalin, dan juga zat berbahaya. Namun yang pasti nanti setelah di uji lab maka akan keluar hasilnya.

Selain menghimbau kepada masyarakat, pihaknya juga meminta kepada pedagang agar menjual makanan yang sehat dan higenis. Jangan sampai hanya ingin mendapatkan keuntungan yang besar, rela menjual makanan yang berbahaya. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru