Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga yang Terkena Dampak Abrasi Pantai Segera Direlokasi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 31 Mei 2017 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah warga di Desa Ujung Pandsran,  Kecamatan Teluk Sampit,  Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim)  yang terkena dampak abrasi pantai akan segera direlokasi.

Bahkan saat ini  rencana relokasi  ke tempat yang sudah disiapkan mulai disosialisasikan.

"Pada Selasa (30/5/2017) sore kemarin  kami menggelar rapat mengundang warga dan instansi terkait. Karena mulai bulan ini, rencana relokasi ini disosialisasikan," ujar Penjabat Sementara (PJs) Kepala Desa Ujung Pandaran Muslih,  Rabu (31/5/2017).

Sedikitnya ada 84 buah rumah yang sudah siap huni. Dimana rumah tersebut dibangun dengan menggunakan dana dari pemerintah pusat pada tahun lalu. Perumahan tersebut berada di lokasi strategis yang aman dari abrasi dengan berbahan bangunan beton yang sangat layak huni.

Di mana dari 84 buah rumah tersebut, ada 11 kepala keluarga yang diprioritaskan untuk menempatinya. Karena mereka merupakan korban abrasi,  yang mana pondasi rumahnya ablas dan harus terpaksa dirobohkan.  

"Rumah tersebut diperuntukkan bagi warga yang memang terkena dampak abrasi, dan juga rawan terkena abrasi," kata Muslih.  

Mereka diharapkan menghuni rumah di lokasi baru itu, sementara rumah mereka di pinggir pantai akan dirobohkan demi keamanan penghuninya dari dampak abrasi, sekaligus untuk penataan kawasan pantai yang menjadi objek wisata andalan Kotim. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru