Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minyak Goreng Sawit Lebih Baik Ketimbang Mentega dan Minyak Zaitun

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 01 Juni 2017 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selama ini banyak orang takut mengonsumsi makanan yang digoreng karena mengandung lemak.

Lemak jenuh selama ini diketahui sebagai salah satu pemicu terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Meski studi terbaru menunjukkan hal yang berlawanan, sehingga perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk membuktikan bahwa lemak jenuh, terutama dari minyak sawit justru dapat mengatasi masalah tersebut di atas.

Penulis buku Living Skinny in Fat Genes, yang juga konsultan nutrisi, Felicia Stoler, menyarankan untuk menggoreng atau memasak dengan menggunakan minyak sawit.

Menurut dia, menggoreng dengan minyak sawit lebih sehat dibandingkan dengan mentega atau bahkan minyak zaitun.

Sejumlah orang berpikir bahwa lemak yang dikonsumsi akan sama dengan lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Padahal, tubuh kita butuh lemak yang digunakan untuk menyerap nutrisi, memproduksi hormon dan bahkan untuk mengurangi rasa lapar.

Untuk itu, pintar pintarlah memilih lemak yang sehat yang tidak menyebabkan penyumbatan pada arteri. Di sini, minyak sawit adalah pilihan terbaik karena memiliki kandungan lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang.

Minyak sawit merah diketahui hampir tidak memiliki dampak apapun pada kadar kolesterol di dalam tubuh asalkan asupan lemak sesuai dengan anjuran para ahli medis.

Jadi mulai sekarang, jangan takut lagi mengonsumsi makanan yang digoreng, utamanya yang digoreng dengan minyak sawit.

Berdasarkan penelitian, varietas sawit merah dan perawan juga kaya dengan antioksidan kuat yang disebut tokotrienol (vitamin E), dan juga karoten (vitamin A). (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru