Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tips Menahan Hawa Nafsu Saat Berpuasa Ala Ustadz Ikhsan Fariz

  • Oleh Cecep Herdi
  • 01 Juni 2017 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Salah satu perbuatan yang dapat membatalkan puasa anda pada bulan ramadan adalah hawa nafsu. Baik itu syahwat maupun amarah.

Terkait itu, ada beberapa tips dari Ustadz Ikhsan Fariz cara mengendalikan hawa nafsu saat berpuasa.

"Insya Allah jika dilaksanakan, maka puasa kita umat Muslim akan sempurna," kata dia, Kamis (1/6/2017).

Pertama jelas Ikhsan, kuatkan tekad dan niat, jika niat kita sudah kuat untuk melakukan puasa karena ridho Allah godaan apapun akan terasa tidak mempan, berpuasa tidak hanya saat di depan orang banyak karena ingin disebut baik. Berbeda jika berpuasa karena niat yang tulus maka akan selalu merasa diawasi Allah, sekali pun ada kesempatan untuk membatalkan puasa.

Kedua pergaulan yang tepat. Yakni dengan menghindari pergaulan yang mengarah ke perbuatan yang tidak baik atau negatif. Carilah teman bermain yang lebih positif, tidak melakukan hal maksiat saat berpuasa.

"Dengan cara bergaul dengan orang yang tepat maka godaan anda akan terasa ringan dan akan terbawa ke arah positif," katanya

Ke tiga adalah mencari kegiatan positif akan membantu terhindar dari perilaku yang bisa mengurangi pahala puasa. Dengan begitu tidak ada niat untuk berbuka di siang hari.

"Namun ingat kegiatan yang anda pilih juga jangan yang terlalu menguras stamina anda karena bisa berakibat lemas tubuh anda," kata dia.

Ikhsan Fariz menyarankan agar sekiranya bisa mengisi waktu luang saat berpuasa dengan tadarusan Al-Quran.

Tips terakhir yakni menjaga emosional. "Jangan mudah marah, jangan bicara kasar karena itu bisa merusak pahala kita saat berpuasa. maka latihlah diri untuk bisa mengendalikan emosi kita," pungkasnya. (CECEP HERDI/B-11)

Berita Terbaru