Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Besok Siang, Luapan Air Sungai Seruyan Diprediksi Genangi Rumah Warga

  • Oleh Parnen
  • 01 Juni 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Luapan air sungai Seruyan saat pasang diprediksi kembali menggenangi rumah warga yang ada di bantaran sungai terjadi pada besok (Jumat, 2/6/2017) siang, sekitar pukul 12.30 WIB.

Menurut Ibas  (42), warga RT 09 Desa Sungai Undang, saat ditemui Borneonews usai seluruh lantai rumahnya ikutan tergenang luapan air sungai setinggi sekitar 13 centimeter.

"Berdasarkan penanggalan, ketinggian air sungai Seruyan di atas pemukaan normal ini, kemungkinan besar besok siang luapan air sungai akan kembali naik seperti yang didapati pada hari ini," kata Ibas, Kamis (1/6/2017).

Menurut Ibas, luapan air sungai saat pasang, biasa disebut oleh warga yang umumnya nelayan Desa Sungai Undang,  adalah pasang kapat atau air pasang pemutar arus. Di mana saat itu kondisi air sungai Seruyan yang meluap hingga ke lantai rumah warga itu juga sangat tergantung dengan arah embusan angin laut yang berasal dari perairan laut Jawa.

"Kalau arah angin lautnya berhembus ke lokasi DAS Seruyan, maka kondisi air pada permukaan sungai akan turut terbawa naik dengan cepat ke lokasi pemukiman perumahan warga yang berada pada posisi dataran rendah. Tapi kalau arah anginnya berhembus ketengah laut, maka luapan air yang naik tidak tinggi (normal)," jelasnya. (PARNEN/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru