Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Kembali Raih WTP dari BPK RI

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 02 Juni 2017 - 11:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) kembali menorehkan hasil memuaskan dalam hal pengelolaan keuangan daerah. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalteng memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk pemeriksaan pelaksanaan tata kelola APBD 2016.

WTP adalah status tertinggi dalam opini kewajaran pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD). Opini tersebut disampaikan Anggota VI BPK RI, Harry Azhar Aziz saat penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK RI pada rapat paripurna istimewa yang digelar di Gedung DPRD Kalteng, Jumat (2/6/2017).

"LHP tersebut adalah hasil audit atas LKPD pelaksanaan APBD 2016 yang diperiksa pada 2017 ini. Selamat kepada Pemprov Kalteng atas raihan opini WTP dan semoga perolehan WTP berkorelasi dengan peningkatan kesejahteraan rakyat di Kalteng," ungkap Harry Azhar.

Hary juga menekankan, Pemprov Kalteng harus melaksanakan tindak lanjut temuan dan rekomendasi yang diberikan BPK RI selambat-lambatnya 60 hari atau dua bulan setelah LHP diserahkan pada hari ini.

Penyerahan LHP Provinsi Kalteng ini melengkapi penyerahan LPH pemerintah kabupaten/kota yang dilakukan BPK RI Perwakilan Kalteng beberapa hari sebelumnya. Sebanyak 13 kabupaten kota meraih WTP kecuali hanya satu daerah yaitu Barito Selatan yang mendapat opini wajar dengan pengecualian (WDP). (ROZIQIN/B-2)

Berita Terbaru