Software Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Padi Beriut Dikagetkan dengan Ratusan Anak Tikus di Lahan Pertanian

  • Oleh Parnen
  • 02 Juni 2017 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Sejumlah petani padi di kawasan Beriut, Kuala Pembuang dalam beberapa hari terakhir ini dikagetkan dengan banyaknya anak tikus yang ditemukan di sekitar lahan pertanian padi yang biasa mereka kelola.

Menurut penuturan Randi, petani padi asal Kuala Pembuang, jumlah anak tikus yang ditemukan dari hari ke hari makin banyak. Bahkan hingga mencapai ratusan ekor dalam sehari.

"Adanya temuan anak tikus di lahan padi ini justru membuat para petani merasa khawatir. Sebab itu menandakan jika populasi hama tikus bisa terbilang banyak," kata Randi saat disambangi di lokasi pertaniannya, Jumat (2/6/2017).

Apalagi lanjut dia, saaat ini sebagian besar petani masih banyak yang melakukan aktivitas pemanenan padi yang sudah masak. "Melihat banyaknya anak tikus yang kita dapati di lokasi sawah, pertanda jika hama tikus ini masih jadi ancaman terhadap jumlah produksi padi yang kita panen. Takut saja, sisa padi yang mau kita panen justru ramai diserang induk hama tikus," ujarnya.

Petani sudah melakukan upaya antisipasi penyelamatan tumbuh kembang tanaman padi yang ditanam. "Tiap hari kita rutin dan serius menyisir tiap lokasi yang dominan biasa digunakan oleh induk hama tikus untuk beranak. Terbukti, berkat upaya bersama yang dilakukan secara gotong royong, selalu ada sarang tikus yang kita temukan beserta anak tikusnya. Tiap sarang didapati sekitar lima hingga belasan anak tikus yang masih kecil. Kalau dikumpulkan selama beberapa hari ini, itu jumlahnya mencapai ratusan," ungkapnya. (PARNEN/B-2)

Berita Terbaru