Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sulit Memberantas Penyakit Rabies di Kabupaten Murung Raya

  • Oleh Supri Adi
  • 02 Juni 2017 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemberantasan penyakit rabies yang berasal dari anjing yang sudah terinfeksi sulit diberantas di Kabupaten Murung Raya (Mura) karena kurangnya kesadaran atau pola pikir masyarakat akan penyakit rabies ini.

Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Dinas Peternakan dan Perikanan (Distanik) Kabupaten Mura, Drh. Shinta Widari mengatakan, kurangnya kesadaran atau pemahaman itu karena ketakutan warga setelah anjing divaksin akan mengalami kematian.

"Jadi kesimpulannya mereka beranggapan malah gara-gara vaksin rabies itu anjingnya jadi gila. Padahal ini salah dan justru setelah diberi vaksin anjing menjadi gila karena sudah terserang virus rabies ini. Kalau setelah diberi vaksin anjing tidak apa-apa maka tentu anjing dalam keadaan sehat," ungkap Shinta, Jumat (2/6/2017).

Shinta menyampaikan, kadang saat pihaknya datang ke desa untuk memberikan vaksin, masyarakat malah menyembunyikan anjingnya di tempat jauh, misal di ladang dan ada juga yang melarang anjingnya diberi vaksi.

"Alasan mereka sampai tidak mau anjingnya diberi vaksin karena dianggap tidak galak lagi saat dibawa berburu. Memang reaksi vaksin seperti ini dalam waktu satu minggu anjing akan lemas dan setelahnya akan kembali sehat," tambah Shinta. (SUPRIADI/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru