Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala DKPP Seruyan Siap Turun Langsung Bantu Petani Basmi Hama Tikus

  • Oleh Parnen
  • 02 Juni 2017 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan, Sugiannor, siap turun membantu petani seperti di Beriut Kuala Pembuang, untuk membasmi hama tikus yang meresahkan.

"Saya ajak petani untuk bersama-sama membasmi hama tikus di lahan pertaniannya," kata Sugiannor, Jumat (2/6/2017).

Selain itu, Sugiannor juga meminta petani untuk melaporkan temuan hama tikus itu ke kantor Balai Penyuluhan Pertanian, Pertanian dan Perikanan (BP3K) setempat ataupun melalui Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) untuk bisa dilakukam upaya pembasmian.

"Silahkan lapor saja ke BP3K atau PPL. Maksudnya, untuk dilakukan upaya pemberantasan melalui cara gropyokan atau dengan melakukan emposan secara beramai dengan mencari sarang tiku," kata dia.

Memang, saat ini sudah bisa dikatakan sebagai musim perkembangbiakan induk hama tikus. Untungnya, tanaman padi sudah selesai dipanen.

"Kami dari dinas terus berupaya meningkatkan koordinasi bersama petugas Pengendali Organisme Penganggu Tanaman (POPT) hingga mantri tani. Sehingga dengan itu diharapkan peran dari masing-masing pihak yang disebutkan bisa jauh lebih maksimal dalam membantu permasalahan dan keluhan petani di lapangan," pungkasnya. (PARNEN/B-11)

Berita Terbaru