Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Wilayah Kotawaringin Barat

  • Oleh Cecep Herdi
  • 02 Juni 2017 - 14:44 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalan Bun mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi angin kencang yang akan terjadi hari ini, Jumat (2/6/2017). Angin kencang tersebut disebabkan oleh adanya awan cumulonimbus (CB) di wilayah perairan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

"Berdasarkan citra radar terdapat adanya awan CB di daerah perairan Kotawaringin Bara dapat berpotensi angin kencang dan gelombang laut tinggi," tulis prakirawan cuaca di group telegram BMKG Pangkalan Bun.

Sebelumnya juga diinformasikan, pada Jumat siang hingga sore hari wilayah Kobar khususnya Pangkalan Bun dan sekitarnya akan mendung dan banyak terjadi hujan, terutama di siang hari. "Pantauan satelit cuaca himawari pukul 22.40utc atau 05.40utc. Pangkalan Bun dan sekitarnya terdapat awan hujan. Di atas laut Jawa terdapat banyak gugusan awan CB," tulisnya.

Sementara itu, potensi selain angin kencang juga akan terjadi gelombang tinggi. "Hari ini gelombang laut jawa sekitar 0.5-0.75 meter di barat dan 1.0-1.25 meter di timur. Gelombang dapat lebih tinggi (dalam waktu singkat) apabila terdapat awan cumulonimbus di atasnya." (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru