Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada! Modus Perluasan Lahan PBS Kelapa Sawit dengan Koperasi

  • Oleh Naco
  • 02 Juni 2017 - 16:34 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pembukaan lahan dengan tameng koperasi harus diwaspadai. Sebab, saat larangan pemberian izin pembukaan lahan modus dengan seperti itu kerap dilakukan.

"Harus diwaspadai pemberian izin koperasi, karena kami mensinyalir ada modus baru pembukaan lahan berkedok koperasi. Mereka berlindung di situ," kata Ketua Komisi I DPRD Kotim, Handoyo J Wibowo, Jumat (2/6/2017).

Handoyo mensinyalir modus itu dilakukan di Kabupaten Kotim. Alasannya buka lahan untuk koperasi, dengan itu izin yang diperoleh akan lebih mudah pengurusannya karena dianggap untuk masyarakat.

"Karena jelas praktik seperti itu merugikan. Jangan sampai kita kecolongan dengan ulah oknum yang tidak bertanggungjawab seperti itu," tukas Handoyo.

Jika itu memang untuk koperasi, masyarakat akan banyak bergabung di dalamnya. Namun sebaliknya justru tidak ada dampak positif bagi masyarakat, karena koperasi fiktif.

"Banyak koperasi bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Namun fakta yang ada tidak menyejahterakan masyarakat. Keberadaan koperasi hanya dimanfaatkan untuk memuluskan investasi investor saja," tegasnya.(NACO/B-11)

Berita Terbaru