Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Saat Ini Bidan Bisa Test HIV/AIDS

  • 03 Juni 2017 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun ' Mencegah penularan HIV/AIDS dari ibu hamil kepada bayinya, seluruh bidan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dibekali kemampuan voluntary counseling and testing (VCT).

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Kobar, Erfin Hidayat menyebut, kelompok perempuan dari populasi umum seperti dari ibu rumah tangga dan ibu hamil, secara sosial sesungguhnya bukan kelompok yang berisiko.

'Tapi ternyata mendapat penyakit menular itu dari pasangannya dan fenomena peningkatan ini terjadi,' ungkap Erfin kepada Borneonews, Sabtu (3/6/2017).

Pembekalan VCT merupakan upaya pencegahan penularan dari ibu ke anak (PPIA) dengan menganjurkan ibu hamil menjalani tes pemeriksaan HIV atau voluntary counselling test/VCT melalui bidan yang tersebar diseluruh Kobar.

Menurut Arfin, dengan semua ibu hamil mau menjalani pemeriksaan HIV/AIDS maka dapat segera dilakukan pengobatan berupa pemberian ARV sehingga tidak sampai menular pada bayi yang dilahirkan.

'Kami sudah melatih para bidan agar mampu melakukan pemeriksaan HIV/AIDS tersebut, termasuk kami juga mengimbau para bidan untuk melayani konseling ibu hamil agar mau diperiksa VCT,' ucapnya.

Pihaknya terus berupaya memeriksa kelompok penderita yang berisiko tinggi seperti pekerja seks komersial untuk membongkar fenomena gunung es penularan HIV/AIDS.

Dengan demikian kelompok berisiko tinggi ini bisa segera diberikan terapi ARV agar penularan HIV/AIDS berkurang dan target 'getting three zeroes' bisa didapatkan, yakni menurunkan jumlah kasus baru, menurunkan angka kematian akibat HIV/AIDS dan menurunkan stigma dan diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS. (FAHRUDDIN FITRIYA)

Berita Terbaru