Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir, Status Empat Kecamatan Diusulkan Jadi Tanggap Darurat

  • Oleh Hamdi
  • 03 Juni 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sejumlah desa di empat kecamatan di Kabupaten Kapuas, dilanda banjir. Bahkan musibah banjir kali ini disebut-sebut masyarakat sebagai yang terparah selama 10 tahun terakhir.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Camat Kapuas Tengah Edy Gaman, kondisi banjir di Kapuas Tengah sudah mulai turun dari sebelumnya yang hampir mencapai pinggang orang dewasa. "Banjir kali ini merupakan banjir terparah sejak 10 tahun terakhir, di mana ketinggian air mencapai di atas lutut orang dewasa," ujar Edy Gaman, Jumat (2/6/207) di kantor BPBD Kapuas.

Ia berharap, debet air terus turun sehingga warga bisa kembali beraktivitas dengan normal. Untuk bantuan, menurut Edy, masih belum ada. Karena itu, ia berharap ada bantuan dari pemerintah kabupaten untuk meringankan beban warga yang terkena musibah.

Desa-desa yang terkena banjir antara lain, Bajuh, Marapit, Pujon, Tapen Henda Muntei, Kayu Bulan, dengan jumlah rumah yang terendam mencapai 1.422 unit.

Di tempat terpisah, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga, mengatakan bahwa  pada dua kecamatan pihaknya sudah menurunkan tim untuk melakukkan pendataan, yaitu di Desa Sei Pinang, Kecamatan Mandau Talawang dan Desa Sei Hanyu, Kecamatan Kapuas Hulu.

"Kita juga langsung ambil sikap dengan menggelar rapat bersama OPD untuk menaikkan status menjadi tanggap darurat," katanya, Sabtu (3/6/2017).

Dengan begitu, sebut Sinaga, bantuan bisa dikeluarkan melalui dana tidak terduga. " Kalau melalui dana BPBD dan APBD kan tidak mungkin untuk menangani sebanyak itu," katanya.

Untuk sementara, BPBD hanya membantu mengevakuasi para korban. "Senin ini SK-nya kita serahkan kepada Bupati untuk dinaikkan statusnya menjadi tanggap darurat agar bantuan-bantuan bisa tersalurkan," pungkasnya. (HAMDI/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru