Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mahakam Ulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kendalikan Harga Sembako dengan Rumah Pangan

  • 05 Juni 2017 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna mengendalikan harga bahan pangan tetap stabil, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional Pangkalan Bun mendirikan outlet yang diberi nama Rumah Pangan Kita (RPK). Kepala Bulog Subdivre Pangkalan Bun, M Soleh menjelaskan, pengelolaan RPK, sebut dia, langsung ditangani oleh Bulog Subdivre Pangkalan Bun dan agen-agen resmi yang ditunjuk.

Agen resmi tidak boleh menjual bahan pangan diatas harga yang ditentukan oleh Bulog. "Terbentuknya RPK untuk mempersingkat mata rantai distribusi ke pembeli sehingga harganya bisa ditekan, kami menjual tiga jenis bahan pokok, di antaranya gula, beras dan minyak goreng," jelas Soleh, Senin (5/6/2017).

Sasaran RPK, kata Soleh, semua warga di bawah wilayah operasi Bulog Pangkalan Bun, yakni Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara. Termasuk para pedagang atau konsumen (warga).

"Setelah membeli dari kami, para pedagang boleh menjualnya lagi. Asal, harganya sesuai dengan yang kami tetapkan," ujarnya.

Selain mendirikan RPK, pihaknya juga sering menggelar operasi pasar untuk menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok di pasaran. Semisal contoh, harga gula pasir sebelumnya dipasar mencapai Rp17 ribu per kilogram, saat ini harga gula pasir di pasar turun menjadi Rp14 ribu per kilogram .(FAHRUDDIN FITRIYA/B-2)

Berita Terbaru