Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Batam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minggu Depan, Gubernur Panggil Yantengli Sakariyas, Ada Apa

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 04 Juni 2017 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran sudah menyatakan berencana memanggil kedua petinggi Katingan, Bupati Yantenglie yang diberhentikan Mendagri dan Wakil Bupati Sakariyas yang akan segera menggantikan posisi Yantenglie. Ini menandakan peralihan tampuk kekuasaan di Kabupaten Katingan tidak akan lama lagi.

Pemanggilan ini dilakukan Gubernur untuk menghormati keduanya sekaligus juga mengingatkan keduanya bahwa kepentingan masyarakat Katingan secara luas harus menjadi pertimbangan utama. Gubernur juga sudah menyebut waktunya, yaitu pekan depan. Surat pemanggilan juga sudah siap.

'Surat sudah diproses dan tadi sudah saya tandatangani. Tinggal kami minggu depan memangggil yang bersangkutan baik bupati dan wakil bupati. Kita hargai pengabdian bupati selama ini. Jadi kita panggil keduanya,' ungkap Gubernur Sugianto usai nonton bareng Piala Liga Champion di Istna Isen Mulang, Minggu (4/6/2017) pagi tadi.

Gubernur mengatakan kepentingannya memanggil keduanya dan bicara enam mata tak lain hanya bertujuan agar kepentingan publik berjalan dengan baik ke depannya lantaran pemerintah daerahnya melakukan pelayanan publik dengan lancar.

Ia mengingatkan publik Katingan agar bersabar menunggu proses yang berjalan. Namun apabila tidak sabar dan ingin menggelar demo, Sugianto menyilakan karena hal tersebut merupakan pilihan.

'Masyarakat jangan main kira-kira, seakan gubernur menghambat lalu hendak mendemo. Kalau demo-demo, ya tidak apa-apa silakan. Tapi malah bisa terpending lagi, bisa kita kembalikan lagi ke Mendagri,' ujar Sugianto sembari tersenyum.

'Saya minta masyarakat Katingan sabar, siapa pun yang jadi bupati, tidak boleh ada perpecahan di tengah masyarakat Katingan. Ini kan politik, tapi yang ramai masyarakatnya. Kita harus ingat bahwa Katingan masih perlu membangun,' lanjutnya mewanti.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Sugianto telah menerima SK pemberhentian Yantenglie dari menteri dalam negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, namun ia juga mengatakan peralihan pemerintahan itu perlu proses.

Peralihan tampuk kekuasaan di Kabupaten Katingan kepada Wakil Bupati Sakariyas akan segera berlangsung. Namun sebelum peralihan kekuasaan, Gubernur Sugianto Sabran terlebih dulu akan 'mendudukkan' kedua petinggi Katingan tersebut untuk berbicara demi 'kepentingan katingan'. (ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru