Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Bagikan 56 Ribu Lebih Bibit Cabai untuk Masyarakat

  • Oleh Noor Annisa
  • 05 Juni 2017 - 18:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit ' Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan membagikan 56 ribu bibit cabai untuk ditanam di pekarangan rumah. Selain untuk masyarakat, tujuan pembagiannya juga SOPD dan PKK.

Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Peternakan Kotim, Sepnita, Senin (5/6/2017) mengatakan, tujuan pembagian bibit cabai tersebut juga salah satu upaya menekan inflasi.

'Dengan cabai yang kita bagikan, masyarakat bisa menanam sendiri untuk memenuhi kebutuhannya. Ini bisa menekan inflasi,' kata Sepnita.

Sepnita, mengatakan dengan masyarakat menanam cabai sendiri di pekarangan rumah, tidak terjadi lonjakan inflasi yang disebabkan komoditi itu. Program seperti ini diyakini membantu menekan lonjakan harga cabai.

'Kalau dulu harga cabai di petani itu sampai Rp90 ribu, sekarang berkisar antara Rp20 sampai 25 ribu [er kilogram,' ungkapnya.

Sepnita mengatakan, pihaknya hanya membagikan kepada instansi atau kelurahan saja, selanjutnya akan diteruskan ke warga. Adapun beberapa instansi yang akan dibagikan bibit cabai di antaranya, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Satpol PP Kecamatan Baamang, Ketapang dan Kecamatan Parenggean. (NOOR ANNISA/B-11)

Berita Terbaru